Home Hukum dan Kriminal 360 Personil Amankan Proses Pemulangan Eks Gafatar 

360 Personil Amankan Proses Pemulangan Eks Gafatar 

Semarang, 22/1 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 360 personil dari Polrestabes Semarang akan mengamankan proses pemulangan ribuan eks anggota organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Hal tersebut dikemukakan Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin.

“Total 560 personil, meliputi Satpol PP, Lanal, Kodim dan pihak pelabuhan. 360 diantaranya dari Polisi,” kata Burhanudin.

Burhanudin menambahkan untuk menunjang tugas pengamanan, pihaknya beserta aparat gabungan akan mendirikan posko khusus untuk pemulangan eks Gafatar tersebut.

“Pesiapan pengamanan kami beserta instansi terkait baik pihak Lanal, Adpel, Kodim akan melakukan kegiatan dari mulai pos kedatangan di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang,” ujarnya.

Setelah sampai dan mendarat di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, ribuan eks Gafatar yang dipulangkan secara bertahap ini akan direlokasi sementara di Pelabuhan Tanjung Emas.

Selama relokasi, eks Gafatar akan menjalani beberapa proses, salah satunya pemeriksaan kesehatan. Kemudian, setelah pulih kondisi kesehatanya, akan dibawa ke Wisma Haji Donohudan, Boyolali, yang merupakan tempat penampungan sementara.

“Kita relokasi sementara di Pelabuhan Tanjung Emas. Lalu dilakukan pemeriksaan kesehatan dan diberikan konsumsi. Jangan sampai mabuk laut kita biarkan, harus ada upaya pemeriksaan kesehatan. Setelah itu dikirim ke Wisma Haji Donohudan, Boyolali melalui jalur darat naik bus,” tandas Burhanudin. (Bjt02)