Home Ekbis Gandeng TNI-Polri, Bandara Ahmad Yani Tingkatkan Sistem Keamanan

Gandeng TNI-Polri, Bandara Ahmad Yani Tingkatkan Sistem Keamanan

Semarang, 26/11 (BeritaJateng.net) – Bandar Udara Ahmad Yani Semarang akan ditingkatkan kondisi keamanannya, dari kondisi yang semula berstatus ‘hijau’ menjadi ‘kuning’. Untuk itu akan dilaksanakan pengamanan yang melibatkan unsur TNI dan Polri serta institusi terkait.

Hal itu diutarakan General Manager Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Priyo Jatmiko dalam press conference yang diadakan sore tadi, Kamis (26/11).

“Status ‘kuning’ yang dimaksud adalah status di mana kita melaksanakan tingkat kewaspadaan dari kondisi yang sebelumnya normal (status ‘hijau’). Sehingga kami akan melaksanakan pemeriksaan keamanan terhadap kendaraan yang masuk ke Bandar Udara secara random,” kata Priyo.

Dikatakannya, Pemda untuk ikut bertanggung jawab dalam hal keamanan. Mengingat Bandara Ahmad Yani Semarang memiliki VIP room, di mana secara pengelolaan dipegang oleh Pemerintah Daerah.

“Kita juga berusaha meningkatkan patroli keamanan secara intensif khususnya berkaitan dengan kegiatan operasional bandara, baik oleh rekan-rekan security maupun TNI,” ujarnya.

Bandar Udara Ahmad Yani Semarang ini lanjutnya, merupakan bandara militer yang digunakan operasi sipil, maka sepenuhnya kegiatan patroli lebih dititikberatkan oleh unsur TNI Angkatan Darat.

“Besok pagi kami dan rekan-rekan TNI akan dilengkapi dengan perlengkapan detector dan persenjataan, begitu pula dengan Polri termasuk peralatan yang berkaitan dengan pidana, salah satunya anjing pelacak untuk memastikan bahwasanya tempat kita ini steril dan aman,” tambahnya.

Selain itu, seluruh penyelenggara bandar udara juga diwajibkan melaksanakan pemeriksaan dan pengamanan secara utuh.

“Hal ini berdasarkan instruksi dari Kemenhub yang telah ditandatangani DirekturJenderal Perhubungan Udara berlaku sejak tanggal 24 November 2015 sampai dengan adanya instruksi lebih lanjut,” tandas Priyo.(Bjt02)