Home News Update Ita Bakal Bentuk Gerakan Tangan Terampil

Ita Bakal Bentuk Gerakan Tangan Terampil

Semarang, 25/11 (BeritaJateng.net) – Semangat untuk berwirausaha terus digulirkan oleh pasangan Hebat. Melalui calon wakil walikota Semarang dari paslon Hebat, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengajak siapa saja para wanita yang ingin memiliki ketrampilan.

Para wanita di kota Semarang, menurut Hevearita GR sudah saatnya dibentuk paguyuban atau perkumpulan tangan-tangan terampil para wanita. “Pemberdayaan ketrampilan wanita tak harus dimiliki oleh kalangan orang sukses, tapi semua kalangan dan bisa saling melengkapi dan tukar pengalaman sebagai transfer ilmu ketrampilan tersebut,” kata Mbak Ita, sapaan Hevearita GR.

Salah satu program terdekat, Mbak Ita akan membentuk dan melaunching gerakan Tangan Terampil di Semarang. gerakan tersebut sebagai naungan pemberdayaan potensi keterampilan para wanita.

“Setiap kecamatan akan diwakili, mereka memiliki beraneka ketrampilan masing-masing. Akan ada sharing mulai dari tukar ilmu sampai pelatihan. Waktu dan tempatnya nanti akan kita informasikan lebih lanjut,” bebernya.

Gerakan Tangan Terampil juga akan difokuskan pada beberapa permasalahan yang menjadi kendala para wanita dalam melatih ketrampilannya, seperti kendala permodalan, SDM, dan pemasarannya.

“Disetiap kecamatan dan kelurahan yang saya datangi, mereka sebenarmya sudah memiliki kemampan ketrampilan. Masalah yang ada hanya pada faktor modal dan pemasaran,” tambah Mbak Ita.

Menurut Mbak Ita, jika ada sinergi antara pelaku ketrampilan baik yang sudah mapan atau baru memulai, maka bisa ditularkan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. “Seperti Dinas Koperasi dan UMKM, banyak pelaku ketrampilan tangan belum mengerti dan tahu peran mereka padahal mereka bisa menjembatani dalam mengolah ketrampilan mulai dari pelatihan, permodalan, dan pemasaran,” katanya.

Pembentukan gerakan Tangan Terampil nantinya akan membawa para wanita bisa berperan mandiri dalam pemenuhan kebutuhan diluar pendapatan rumah tangga. “Tentunya akan melatih dan memotivasi dengan mind theraphy, bahwasannya wanita bagimana dari yang tak memiliki kegiatan menjadi punya, tanpa meninggalkan perannya sebagai ibu rumah tangga,” tukas Mbak Ita.

Gerakan Tangan Terampil akan mendapat dukungan bimbingan dari Fakultas Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang melalui edukasi untuk mengoptimalkan teknologi pangan dan ketrampilan. (Bj)