Home Lintas Jateng Aksi Demo Serikat Pekerja Nasional Tolak PP 78

Aksi Demo Serikat Pekerja Nasional Tolak PP 78

Semarang, 24/11 (BeritaJateng.net) – Ratusan buruh Serikat Pekerja Nasional (SPN) menggelar aksi demo menolak PP 78 tentang pengupahan di gedung Gubernuran Jawa Tengah Jalan Pahlawan no. 9 Semarang.

Buruh Serikat Pekerja Nasional menginginkan pemerintah mencabut PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Para buruh ini mengancam jika tak dicabut PP 78 tersebut, mulai tanggal 24-27 akan melakukan aksi besar-besaran mogok nasional (MONAS).

Aksi buruh ini dilakukan oleh SPN, KASBI, FSPMI, ASPEK Indonesia, FSPLN, SPHS, KSPI Jateng. Menurut mereka upah minimum di Jawa Tengah masih sangat rendah.

Untuk itu PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan harus dicabut karena menurut mereka telah melanggar konstitusi, formula kenaikan upah berdasar upah minimum tahun berjalan.

Aulia Hakim selaku koordinator komite aksi upah, mengatakan bahwa PP 78 2015 tentang pengupahan seharusnya selesai tahun ini. “Kita berharap tahun kedepan tak ada UU 78 tersebut kembali, yang sangat menyudutkan para buruh di Indonesia. Jika ini tidak ditindak lanjuti pemerintah kita akan melakukan aksi mogok nasional,” tuturnya.(BJ06)