Home News Update Lokalisasi Sunan Kuning dan GBL Bakal Ditutup Saat Pemilukada

Lokalisasi Sunan Kuning dan GBL Bakal Ditutup Saat Pemilukada

Semarang, 24/11 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menghimbau kepada seluruh pekerja atau pegawai yang ada di daerah Lokalisasi Sunan Kuning (SK) untuk meliburkan aktivitasnya agar menggunakan hak pilih saat pencoblosan Pilwakot, 9 Desember 2015 mendatang.

“Karena pentingnya Pilkada serentak, Pemkot Semarang berencana menetapkan 9 Desember 2015 mendatang sebagai hari libur. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat bisa secara maksimal memberikan suaranya untuk memilih pemimpinnya,” ujar Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono di aula Balai Kota Semarang pada Senin (23/11) siang.

Menurut Henry, bukan hanya instansi pemerintahan dan instansi swasta saja yang diminta untuk meliburkan aktivitas, namun puluhan warga binaan di Sunan Kuning (SK), Gambilangu, Anak Jalanan dan para relawan demokrasi untuk ikut menyalurkan hak suaranya.

“Kami ingin mengidentifikasi siapa saja yang memiliki KTP Semarang yang nantinya akan memilih untuk Pilwakot Semarang. Kami juga memberikan sosialisasi kepada mereka yang tidak memilih di Semarang agar pada 9 Desember mendatang mereka bisa pulang ke daerah masing-masing untuk memilih,” terang Henry.

Henry menyebutkan, jumlah warga marginal tersebut memang tidak signifikan, namun tetap perlu diandalkan suaranya dalam Pilwakot. Hal ini dimaksudkan lantaran Pilwakot hanya berlangsung dalam satu kali putaran.

“Warga SK asli Semarang mungkin sekitar 150 orang dan di Gambilangu sekitar 80 orang. Itu data yang kami peroleh dari Dinas Sosial,” tuturnya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga (Dinsospora) Kota Semarang, Joko Rakito meminta kepada warga binaan untuk turut aktif mengajak warga binaan lain untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara. Dia menginginkan, paling tidak dari satu orang bisa mempengaruhi tiga temannya untuk menggunakan hak pilihnya.

“Saya harap karaokenya ditutup dulu. Nanti kalau sudah selesai mencoblos sekitar pukul 14.00 boleh dibuka kembali, jangan lupa besok pada 9 Desember 2015 pada mandi pagi, dandan yang cantik dan ajak teman untuk memilih di TPS,” ujar Joko. (Bj)