Home Headline 31 Kios Pedagang Pasar Sayung Direlokasi

31 Kios Pedagang Pasar Sayung Direlokasi

294
31 Kios Pedagang Pasar Sayung Direlokasi

“Proyek normalisasi sungai Dombo Sayung, bangunan liar milik pedagang direlokasi”

Demak, 7/11 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 31 kios dan lapak yang berada di Daerah Aliran Sungai (Das) Dombo Sayung dengan terpaksa harus segera dibongkar, hal ini sengaja dilakukan karena adanya pengerjaan proyek normalisasi sungai, mengingat sendimentasi sudah tergolong parah dan merupakan salah satu penyebab banjir di desa Sayung dan sekitarnya.

Menurut Kepala Desa Sayung, Munawir, mengatakan, pembongkaran bangunan liar (kios dan lapak pedagang) yang berada dibantaran sungai Dombo Sayung sudah terlebih dahulu disosialisasikan melalui musyawarah desa, dimana dalam musyawarah tersebut dihadiri pihak terkait dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten dan Desa, Pihak BBWS, TNI, Polri serta perwakilan dari pedagang pasar Sayung.

Dalam musyawarah tersebut telah terjalin kesepakatan terkait pembongkaran bangunan liar milik pedagang, dimana mulai tanggal 10 – 31 Juli 2019 dilakukan pembongkaran secara mandiri oleh para pemilik pedagang.

“Kita sudah sepakat jika tanggal 1 Agustus 2019, sudah tidak ada lagi bangunan liar yang masih berdiri dibantaran Sungai,” kata Lurah Sayung.

Tidak hanya membongkar saja, pihak pemerintah desa sudah mempersiapkan lahan yang nantinya akan ditempati 31 pedagang yang sebelumnya menempati bantaran sungai Dombo Sayung.

“Pedagang nantinya akan kita relokasi dilahan milik desa Sayung, tepatnya di belakang pasar Sayung dengan ukuran 3×3 meter,” ucap Munawir.

Untuk menjadi perhatian pedagang, lanjut Kepala desa Sayung, lahan relokasi pedagang tersebut bersifat hak guna pakai, dimana jika sewaktu-waktu pemerintahan desa membutuhkan lahan tersebut, nantinya dengan kesadaran pedagang harus rela meninggalkan lokasi tersebut tanpa adanya pengusiran atau paksaan. (BW/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here