Home News Update 27 Anggota Paskibra Kota Semarang Dilantik

27 Anggota Paskibra Kota Semarang Dilantik

27 Anggota Paskibra Kota Semarang Dilantik

SEMARANG, 14/8 (BeritaJateng.Net) – Sebanyak 14 putra dan 13 putri dilantik menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Semarang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bahkan berkesempatan melantik mereka secara langsung, Jumat 12 Agustus 2022 kemarin.

Menurut Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kota Semarang Achmad Oktanis Seadiatmoko, sebanyak 27 anggota Paskibra tersebut berasal dari 19 SMA negeri maupun swasta di Kota Semarang.

Sebelumnya, mereka telah diseleksi dari total pendaftar sebanyak 149 pelajar dari 38 SMA yang ada di kota ini.

“Proses seleksi meliputi administrasi, postur, kesamaptaan dan tentu juga PBB serta akademis,” terangnya.

Mereka yang terpilih kemudian menjalani pelatihan Paskibra selama 21 hari dari 28 Juli hingga 16 Agustus. Mereka dibimbing langsung oleh anggota Kodim 0733/KS dan juga para anggota Purna Paskibra.

Mereka akan mulai bertugas pada 17 Agustus 2022, dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77.
“Calon Paskibraka Kota Semarang akan dilengkapi oleh pasukan 45 dari unsur TNI yaitu dari Yon Arhanud 15 yang sudah bergabung latihan dari tanggal 10-16 agustus 2022,” imbuhnya.

Nantinya, usai dikukuhkan oleh Wali Kota Semarang, sebanyak 27 anggota Paskibra ini akan masuk dalam Organisasi PPI (Purna Paskibraka Indonesia Kota Semarang).

Tidak hanya itu, anggota Purna Paskibraka Indonesia Kota Semarang setelah melaksanakan tugas pengibaran akan dilantik menjadi Duta Pancasila. Mereka akan dibina oleh Kesbangpol untuk benar-benar mampu menjadi Duta Pancasila dari kota ini.

Wali Kota Hendrar Prihadi berharap, para anggota Paskibra benar-benar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Apalagi mereka telah dipilih dari ratusan peserta lain.

“Kalian adalah remaja-remaja pilihan yang tidak sembarang orang mendapat kesempatan seperti ini. Bawa kebanggaan buat diri dan Kota Semarang agar dapat ikut serta bergerak bersama membangun kota kita ini,” wejangnya.

Salah satu anggota Paskibra, Delicis Rafa Nora dari SMA Sint Louis Semarang mengaku bangga bisa masuk dalam jajaran anggota pasukan pengibar bendera.

Ia mengaku sudah berlatih sejak lama karena memang mengidamkan kebanggaan ini. “Senang dan bahagia bisa memberikan kebangaan bagi orang tua, sekolah dan tentu Kota Semarang yang semakin hebat. Semoga ke depan, saya bisa memberikan kebanggaan lainnya yang lebih besar,” ujarnya. (Ak/El)