Home News Update 26 Ribu Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Mandiri Undip Semarang

26 Ribu Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Mandiri Undip Semarang

Ribuan calon mahasiswa mengikuti ujian mandiri Undip Semarang
Ribuan calon mahasiswa mengikuti ujian mandiri Undip Semarang
Ribuan calon mahasiswa mengikuti ujian mandiri Undip Semarang

Semarang, 26/7 (BeritaJateng.net) –
Sedikitnya 26 ribu calon mahasiswa mengikuti ujian mandiri (UM) di Universitas Diponegoro Semarang. Bersamaam dengan pelaksanaan ujian, arus lalu lintas macet dari segala arah.

Kemacetan sudah mulai terasa sejak memasuki Patung Kuda Undip. Kemudian di kawasan Jalan Sudharto, Tembalang dan segala penjuru semakin tersendat.

Ujjian Mandiri Undip serentak dilaksanakan di 18 kota di Indonesia, Minggu (26/7/2015). Ada sebanyak 26.480 calon mahasiswa yang mengikuti mengikuti UM.

Jumlah tersebut dirunut 20 persen dari total daya tampung ujian mandiri di Perguruan Tinggi Negeri. Akan ada 1.432 peserta saja yang lolos melalui jalur Ujian Mandiri ini.

“Ujian tidak hanya di kota Semarang, ada di Jakarta, Surabaya, Medan, Batam, Lampung, Denpasar, Makassar, dan 10 kota lainnya di Indonesia,” ujar Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, dalam konferensi pers kepada media, di gedung LPPM Undip.

Menurutnya, tes masuk yang ada di beberapa kota tersebut untuk menjaring calon mahasiswa berprestasi dari seluruh penjuru Indonesia.

“Karena Undip ini mininya Indonesia, kalau di Semarang saja namanya mini Jateng,” ungkapnya.

Akan tetapi jumlah pendaftar terbanyak diakuinya tetap berasal dari Semarang, disusul Jakarta, Medan, dan Bekasi. (BJT01)