Home Life Style 170 Peserta Ikuti Pelatihan Batik Di Hari Batik Nasional

170 Peserta Ikuti Pelatihan Batik Di Hari Batik Nasional

1860
0
170 Peserta Ikuti Pelatihan Batik Di Hari Batik Nasional

Semarang, 3/10(BeritaJateng.net) – 170 orang peserta dari masyarakat sekitar kota Semarang ikuti kegiatan pelatihan membatik yang diselenggarakan oleh Klaster Komunitas Batik kota Semarang untuk memperingati Hari Batik Nasional 2018 di area Pasar Srondol, Banyumanik Semarang.

Ketua Klaster Komunitas Batik Kota Semarang, Joko Sunarto mengatakan pelatihan “Mbatik Bersama” di pasar Srondol agar masyarakat mengenal keberadaan pasar tersebut yang difungsikan sebagai pusat kuliner dan produk unggulan kota Semarang.

”Pasar ini dikelola oleh UMKM yang menyediakan berbagai macam produk unggulan dan oleh-oleh khas Kota Semarang. Produk jualannya terdiri atas 10 klaster, di antaranya seperti mebel, bandeng, logam, batik, handycraft, tas, jamu, dan lunpia. Diharapkan masyarakat lebih mengenal dan mengetahui keberadaan Pasar Srondol,” pungkasnya.

Lanjutnya, peralatan membatik telah disediakan secara gratis oleh panitia penyelenggara Klaster Komunitas Batik, dimulai dari canting, bahan malam, pewarna, hingga alas kain untuk membatiknya. Tidak semua peserta telah memiliki keterampilan membatik sebelumnya.

170 Peserta Ikuti Pelatihan Batik Di Hari Batik Nasional

“Jadi, ini semacam kursus kilat untuk membatik. Hasil kreasi dari peserta nantinya bisa dibawa pulang. Setidaknya untuk memberikan kepuasan bagi mereka atas hasil jerih payahnya mampu menghasilkan karya membatik,” ucapnya.

Joko Sunarto berharap, kegiatan membatik Semarangan ini nantinya dapat dikembangkan di industri-industri rumah tangga batik yang ada di Kota Semarang.(AK/El)