Home Headline 16 Karaoke Liar Sekitar MAJT Semarang Disegel Satpol PP

16 Karaoke Liar Sekitar MAJT Semarang Disegel Satpol PP

378
16 Karaoke Liar Sekitar MAJT Semarang Disegel Satpol PP

Semarang, 17/7 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 16 tempat karaoke disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota, Selasa (16/7) malam. Belasan tempat karaoke yang terletak di dekat Relokasi Pasar Johar tersebut disegel dan dipasangi garis pembatas di sejumlah pintu.

Hal tersebut dilakukan Satpol PP setelah mendapat adanya laporan terkait adanya tempat karaoke yang diduga ilegal.

Saat wartawan berada di lokasi pertama, sebelum penyegelan terlihat belasan tempat karaoke tersebut sepi dan gelap. Hanya beberapa lampu yang menyala.

Petugas Satpol PP pun melakukan pengecekan. Di salah satu tempat karaoke, petugas hanya mendapati beberapa pintu yang terkunci. Beberapa kali petugas mengetuk pintu, namun tidak mendapat respon, petugas pun akhirnya menyegel pintu tersebut dengan garis pembatas satpol pp.

16 Karaoke Liar Sekitar MAJT Semarang Disegel Satpol PP

Petugas hanya mendapati mesin operator sound dan beberapa botol minuman keras. Tanpa basa basi petugas memasang garis line dan menyita minuman keras tersebut.

Bergeser menuju lokasi berikutnya, tak berbeda dengan kondisi sebelumnya, semua pintu tempat karaoke dalam kondisi terkunci. Bedanya, kondisi lampu depan menyala. Tak mendapat respon, petugas Satpol PP melakukan penyegelan dengan memasang garis line di seluruh pintu. Di lokasi kedua, petugas pun menyita banyak minuman keras.

Di lokasi ketiga, Satpol PP pun menyambangi tempat karaoke yang terletak di samping Jl Soekarno Hatta. Lokasi hanya berjarak kurang lebih 150 meter dari gapura Relokasi Pasar Johar. Di sana petugas juga hanya berhadapan dengan pintu yang terkunci.

Namun ketika saat penyegelan berlangsung, salah satu petugas Satpol PP berhasil membuka salah satu pintu di lokasi tersebut. Namun setelah petugas berhasil memasuki bagian dalam, petugas tak menemukan seseorang pun. Hanya puluhan botol miras dan sejumlah sound system yang diangkut dan disita.

16 Karaoke Liar Sekitar MAJT Semarang Disegel Satpol PP

Kepala Satpol PP, Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, dari tiga lokasi yang disambanginya dan puluhan petugas satpol pp, pihaknya melakukan penyegelan pada 15 ruang karaoke.

“Sebelumnya kami memang mendapat laporan keluhan dari masyarakat, dan tokoh masjid terkait adanya tempat karaoke ini,” ujarnya setelah prosesi penyegelan.

Selanjutnya, pihaknya berencana mempertemukan beberapa pihak, seperti remaja masjid, tokoh-tokoh sekitar, Kapolsek, Danramil, Lurah, dan Camat untuk memcari titik temu terkait keberadaan tempat karaoke tersebut.

“Akan dilakukan penutupan atau tidak akan kami putuskan setelah pertemuan dengan semua pihak. Jika nanti akan ada rekomendasi dari dinas tata ruang. Jika Dinas tata ruang memutuskan bongkar, ya kami bongkar. Karena tugas kami menegakkan perda,” imbuhnya. (El)