Home Kesehatan 15 Kabupaten/Kota Di Jateng Jadi Prioritas Penanganan Kemiskinan

15 Kabupaten/Kota Di Jateng Jadi Prioritas Penanganan Kemiskinan

74
0
Wakil Gubernur Jawa tengah Heru Sudjatmoko dan Bupati Blora Joko Nugroho usai menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Kemiskinan di Pendopo Kabupaten Blora.
           BLORA, 6/10 (BeritaJateng.net) – Pemerintah provinsi  mengakui angka kemiskinan di Jawa tengah masih tinggi. Saat ini angka kemiskinan di Jawa tengah mencapai 13,01 persen. Berbagai upaya akan terus dilakukan pemerintah provinsi salah satunya dengan mensinergikan program-program  pemerintah kabupaten  kota dan provinsi.
              Menurut Wakil Gubernur Jawa tengah, Heru Sudjatmoko, saat ini ada lima belas kabupaten yang menjadi prioritas penanganan angka kemiskinan, salah satunya adalah kabupaten Blora.  Angka kemiskinan di Blora saat ini mencapai 13,33 persen atau peringkat 21 dari 35 kabupaten/kota di Jateng.
           “Jadi begini, 15 kabupaten itu yang berwarna merah, karena yang paling tinggi di atas rata-rata provinsi sebesar 13,01 persen,” kata Heru.
              Heru mengungkapkan, selain 15 kabupaten yang memiliki angka kemiskinan tinggi, ada 10 kabupaten kota  yang berkategori warna kuning yakni angka kemiskinannya rata-rata di bawah provinsi tapi di atas rata-rata nasional, sementara 10 lainnya berwarna hijau atau kategori baik dibawah 11 persen rata-rata Nasional.
                Sementara itu, Bupati Blora Joko Nugroho mengakui jika angka kemiskinan di Blora masih tinggi. Kantong-kantong kemiskinan tersebut tersebar di beberapa daerah seperti kecamatan Todanan, kecamatan Japah, kecamatan Banjarejo dan kecamatan Bogorejo.
             Joko meminta agar para camat dan kades memperhatikan hal ini dan bisa membuat program pengentasan kemiskinan. “Memang blora masih miskin, nanging ora pati elek,” jelas Koko sapaan akrab Joko Nugroho.
               Joko mengaku dari tahun ke tahun angka kemiskinan di kabupaten Blora mengalami penurunan sebesar 2 persen. Ia menargetkan dalam 3 tahun kedepan angka kemiskinan di Blora mampu mengalahkan Jawa tengah.
(MN/El)