Home News Update DPRD Jateng: Petani Butuh Jaminan Kredit dan Asuransi

DPRD Jateng: Petani Butuh Jaminan Kredit dan Asuransi

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 12/2 (BeritaJateng.net) – Guna meningkatkan kesejahteraan petani, kalangan Anggota DPRD Jawa Tengah memandang perlu dikucurkannya kredit dan asuransi khusus bagi petani. Hal ini penting dilakukan mengingat saat ini akses kredit di perbankan bagi petani sangat sulit.

Anggota Komisi B Aksin Makruf mengungkapkan hal tersebut usai menerima kunjungan Komisi B DPRD Jawa Timur di ruang Komisi B DPRD Jawa Tengah, Kamis (12/2). “Di Jawa Timur ada alokasi kredit khusus petani sebesar Rp. 200 miliar dan kompensasi bagi petani yang gagal panen sebesar Rp. 25 miliar. Kita gak usah malu harus meniru langkah tersebut,” ungkapnya.

Program kredit dan asuransi khusus bagi petani ini, menurut Aksin, lebih baik dan mengena dibanding kartu tani yang dikeluarkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo. Kartu Tani pada prakteknya tidak banyak membantu petani dalam menjalankan aktifitasnya.

“Kredit dan asuransi khusus petani ini merupakan bagian dari advokasi dan perlindungan bagi petani,” jelasnya.

Aksin menambahkan, berdasar data dari Badan Pusat Statistik tahun 2014, angka kemiskinan di Jawa Tengah sebanyak 5.2 juta atau sebesar 16,11 persen. Dari jumlah tersebut, sebagian besar merupakan masyarakat desa yang notabene memiliki mata pencaharian sebagai petani.

“Kami akan mendorong agar Pemprov menganggarkan lebih dari anggaran di Jawa Timur. Hal ini semata mata untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani dan mengurangi angka kemiskinan,” pungkasnya. (BJ013)