Home News Update

Peluncuran Buku

Semarang, 30/1 (beritajateng.net) – Peluncuran buku berjudul “100 Tokoh Jawa Tengah” yang di dalamnya berisi 100 profil tokoh-tokoh berpengaruh di provinsi Jawa Tengah berlangsung meriah di hadiri  tokoh-tokoh yang berpengaruh dari berbagai latar belakang, mulai seniman, politikus, akademisi, pebisnis, pejabat publik, militer, hingga ulama, Jumat (30/1) malam.

Bertempat di Hotel Santika Premiere Semarang, peluncuran buku yang diprakarsai oleh tokoh Jateng yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal provinsi itu Bambang Sadono itu didukung penuh oleh Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD  RI.

Menurut Bambang Sadono, pemrakarsa buku terbitan PT Citra Almamater Baru itu, para tokoh yang diangkat profilnya dalam buku tersebut diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para generasi muda.

“Contoh atau teladan dari para tokoh sukses di Jateng, bagaimana perjuangan mereka yang umumnya dimulai dari bawah diuraikan secara detail dalam buku itu. Ini bisa diteladani,” katanya.

Penerbitan buku itu, kata dia, sejalan dengan tugas, pokok, dan fungsi DPD RI sebagai bagian penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberikan motivasi melalui penerbitan buku itu.

Sekretaris Jenderal DPD RI Prof Sudarsono Hardjosoekarto menyambut baik penerbitan buku yang diharapkan menjadi inspirasi bagi masyarakat, utamanya generasi muda yang ada di Jateng.

“Bagaimana para tokoh berkiprah di bidang profesi dan jabatannya masing-masing. DPD kan berkewajiban menyalurkan aspirasi masyarakat di daerah-daerah. Salah satunya lewat buku ini,” katanya.

Sudarsono menilai buku itu memiliki peranan penting untuk membantu mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik dengan inspirasi yang diberikan sehingga Setjen DPD RI jelas sangat mendukung.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof M. Nasir yang sangat mengapresiasi buku yang bisa memberikan pembelajaran penting serta menginspirasi bagi warga Jateng. 

“Saya menyambut baik. Buku ini bisa memberikan pembelajaran penting bahwa di Jateng ada yang menjadi orang sukses. Memberikan sumbangsih yang besar terhadap perkembangan negeri ini,” katanya.

Nasir yang juga termasuk dalam 100 tokoh berpengaruh di Jateng versi buku itu mengatakan buku itu bisa memberikan inspirasi bagi generasi muda di provinsi itu untuk meneladani para tokoh. (BJ05)