Home News Update 12 Parpol di Blora Lolos Verifikasi Faktual KPU 

12 Parpol di Blora Lolos Verifikasi Faktual KPU 

662
12 Parpol di Blora Lolos Verifikasi Faktual KPU 
        BLORA, 2/2 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora menyatakan 12 partai politik yang diverifikasi dinyatakan memenuhi syarat (MS). Hal ini disampaikan Ketua KPU Blora Arifin dalam penyerahan hasil verifikasi kepada partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Blora, Jumat (2/2/2018)
        Keduabelas parpol  tersebut adalah Partai Nasdem, Golkar, PDI-Perjuangan, PKS, PAN, PPP, Gerindra, PBB, PKB, Hanura, Demokrat dan Garuda.
         “Ke-12 parpol tersebut, menyusul Partai Perindo yang dinyatakan MS pada verifikasi faktual yang dilakukan KPU Blora pada tahap sebelumnya”, terang Arifin.
         Pada tahap verifikasi kali ini, KPU Blora melakukan verifikasi terhadap kepengurusan,  perwakilan 30% perempuan, domisili kantor tetap dan keanggotaan. Verifikasi dilakukan selama 3 hari, 30 Januari sampai dengan 1 Februari.
         Arifin menyampaikan, dengan telah dinyatakan MS, maka partai politik tidak perlu melakukan perbaikan. “Dengan demikian maka seluruh partai politik tidak perlu lagi melakukan perbaikan,” ucapnya.
          Verifikasi terhadap partai politik ini dilakukan KPU Blora menyusul adanya putusan Mahkamah Konstitusi, yang mewajibkan kepada seluruh partai yang akan menjadi peserta Pemilu 2019 untuk dilakukan verifikasi. Tahapan verifikasi ini diberlakukan kepada partai yang dinyatakan memenuhi syarat dalam tahapan penelitian administrasi.
          Setelah tahapan verifikasi tingkat kabupaten/kota selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi hasil verifikasi tingkat propinsi pada tanggal 8 – 11 februari 2018. Dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil verifikasi tingkat nasional pada 15 – 17 februari 2018 dan sekaligus penetapan partai politik peserta Pemilu 2019. Dirangkai kemudian dengan pengundian nomor urut partai politik yang akan dilaksanakan tanggal 18 Februari 2018.
(MN/El)