Home Hiburan 12.000 Pohon Bakal Teduhkan Mapolda dan Markas Kepolisian Se-Jateng

12.000 Pohon Bakal Teduhkan Mapolda dan Markas Kepolisian Se-Jateng

298
Kapolda Jateng dan Vice President PT Djarum menanam pohon di Halaman Mapolda Jateng.

SEMARANG, 28/11 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) menggandeng Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) berperan aktif menghijaukan seluruh markas dan asrama kepolisian di Jawa tengah.

Dimulai dengan seremonial penanaman pohon di Lingkungan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jateng oleh Kapolda Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel M.Si beserta jajarannya serta Vice President Director Djarum Foundation FX Supani, Kamis (28/11) pagi dilanjut dengan penanaman 12.000 pohon peneduh di seluruh markas kepolisian dan asrama.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel M.Si mengatakan, kepolisian daerah Jawa tengah terus berupaya menjaga lingkungan, hal kecil yang bisa dilakukan adalah menanam pohon.

Menurutnya, dengan menanam pohon, sekaligus bisa menjaga keseimbangan bumi. Karena menanam pohon sama juga menjaga air, tanah serta menjaga oksigen di bumi.

“Sudah banyak pohon yang di babat, untuk itu kami ingin berkontribusi untuk pelestarian lingkungan di Jawa tengah. Lewat kerjasama dengan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) kami melakukan akan melakukan penanaman 12.000 pohon di markas-markas dan asrama kepolisian di Jawa tengah,” kata Rycko.

Kapolda Jateng menyebut saat melakukan patroli udara dengan menggunakan helikopter, ternyata masih banyak wilayah di Jateng yang seperti padang pasir, tandus karena tidak ada pohon sebagai peneduh.

“Dengan penanaman 12.000 pohon ini, mudah-mudahan Polda Jateng bisa menjadi hijau, kita jadikan contoh karena setiap helai daun bisa membersihkan oksigen kita. Mari kita menanam pohon untuk generasi penerus, dengan menanam pohon bukti kita telah bersyukur kepada Tuhan,” pesan Rycko.

Sementara itu, Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji mengatakan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) terus berupaya mengurangi dampak pemanasan global melalui program Djarum Trees For Life.

“Ini merupakan salah satu wujud komitmen Bakti Lingkungan Djarum Foundation untuk terus melakukan pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. Kami pun menyambut baik kesamaan visi dan misi dari Polda Jateng untuk sama-sama menjaga bumi demi terus terjaganya lingkungan hidup demi masa depan,” kata FX Supanji, usai prosesi penanaman.

Selain menanam, BLDF bersama pengelola Mapolda Jateng untuk melakukan perawatan pada pohon-pohon tersebut hingga tiga tahun ke depan. Tak hanya menanam, pengelola Mapolda Jateng pun akan mengikuti serangkaian pelatihan pembibitan dan juga perawatan.

“Selain melakukan penanaman, kami juga ingin belajar dari Djarum Foundation bagaimana kita menjaga lingkungan agar tetap hijau, pembibitan, penanaman dan perawatan pohon,” pungkasnya.

Pemilihan Trembesi tak lepas dari efektivitas pohon berjuluk Ki Hujan atau Rain Tree ini yang sangat unggul dalam menyerap gas CO2. Satu pohon dewasa mampu menyerap 28,5 ton CO2 pertahun. Bentuk pohon seperti kanopi atau payung raksasa ini juga bisa menurunkan suhu udara hingga 4 derajat celcius di bawah kerindangannya. (El)