Home Headline Korban Penipuan Investasi Cipaganti di Semarang Melapor ke Polda Jateng

Korban Penipuan Investasi Cipaganti di Semarang Melapor ke Polda Jateng

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang,27/1 (beritajateng.net) – Empat orang melaporkan Koperasi Cipaganti Karya Guna ke Polda Jawa Tengah, Selasa (27/1).

Empat orang tersebut yakni Usman Budi utomo, warga Jalan Gusti Putri IV nomor 06, Hadianto, Heri Irawan Usman dan Budi Wiyono warga Kota Semarang. Mereka melaporkan kasus penipuan dengan modus investasi di Cipaganti dengan kerugian hingga Rp4,985miliar dari 23 nasabah di Kota Semarang.

Seorang korban bernama Usman mengaku, awalnya tidak menaruh curiga atas tawaran investasinya tersebut. Akhirnya dirinya mengucurkan dana sebesar Rp200juta ke koperasi Cipaganti. Sementara Hadianto menginvestasikan Rp300juta, Heri Irawan Usman Rp300juta dan Budi Wiyono Rp200juta. Masing-masing korban nilai investasinya bervariasi.

“Awalnya lancar (bunga), lama-lama sudah tidak ada lagi,” katanya kepada petugas.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah, Kombes Pol A. Liliek Darmanto mengatakan, empat orang tersebut  mewakili dari 23 orang yang mengaku dirugikan koperasi koperasi Cipaganti.

Dijelaskannya, modus yang digunakan dugaan penipuan itu, mereka membuat akta perjanjian untuk menanam modal koperasi. Dengan imbalan bunga sekira 18% dari uang yang diinvestasikan. “Mereka yang mengadu, bervariasi ikut koperasi itu, mulai 5 hingga 1 tahun terakhir. Mulai Maret 2014 lalu, pembayaran bunga itu sudah tidak diberikan pihak Cipaganti,” katanya.

Namun sampai sekarang Polda Jateng belum menerima laporan itu secara resmi. Sebab, kasus yang sama kini ditangani Polda Jawa Barat dengan kerugian mencapai 8.700 orang.

“Jadi mereka datang disini melaporkan dan konsultasi. Untuk kasusnya sendiri sudah ditangani Polda Jabar, kalau belum kami akan terima,” imbuhnya.(BJ04)