Home News Update 102 SD/MI di Kudus Siap Jadi Tujuan Pendidikan Lingkungan  

102 SD/MI di Kudus Siap Jadi Tujuan Pendidikan Lingkungan  

KUDUS – Sebanyak 102 SD/ MI di Kabupaten Kudus telah menyatakan siap menjadi tuan rumah dalam program pendidikan lingkungan bagi peserta didik tingkat dasar, yang akan diselenggarakan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Arga Dahana Universitas Muria Kudus (UMK) mulai 3 Februari mendatang.

Humas kegiatan, Muh. Amin Ma’ruf, mengutarakan hal itu di Kudus, Selasa (26/1/2016). ‘’Alhamdulillah, di luar dugaan kami, antusiasme sekolah untuk menjadi sasaran program ini sangat tinggi. Terbukti, dari 90 sekolah yang kami targetkan, kini telah jauh melampaui target,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, dalam program pendidikan lingkungan bagi siswa SD/ MI di Kabupaten Kudus yang akan dilaksanakan tersebut, para aktivis Mapala Arga Dahana akan memberikan pemahaman seputar pentingnya menjaga kelestarian lingkungan (alam).

‘’Materi yang akan disampaikan antara lain meliputi iklim, pengelolaan sampah, dan tanggap bencana. Di luar materi ini, para peserta program ini akan diajak praktik membuat biopori dan menanam pohon yang baik,’’ ungkapnya didampingi Farid Anharul Ilmi, anggota muda Mapala Arga Dahana.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan kegiatan ini, pihaknya mendapatkan dukungan banyak pihak baik dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora), Kantor Lingkungan Hidup, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Djarum, dan PDAM Kudus. ‘’Kami sangat senang karena mendapatkan dukungan dari banyak demi kesuksesan kegiatan ini,’’ ungkapnya.  

Sementara itu, pelaksanaan program pendidikan lingkungan di SD/ MI di Kabupaten Kudus ini diawali dengan sosialisasi Enviromental Education Program fo Children (EEPC) kepada guru dan kepala sekolah. Sosialisasi yang merupakan rangkaian pembuka program itu, dilaksanakan pada Rabu (6/1/2016) lalu. (BJ)