Home Headline 100 Warga Asing Dideportasi ke Negara Asal

100 Warga Asing Dideportasi ke Negara Asal

442
0

Semarang, 17/10 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 100 warga negara asing dari beberapa negara harus dideportasi ke negara asal oleh Kantor Kementrian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Hal tersebut mengacu pada ketentuan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011, Pasal 71 jo 116 tentang Keimigrasian. Dari jumlah yang ada, terbanyak berasal dari negara Timor Leste yakni 52 orang.

Kepala Divisi Keimigrasian Kementrian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Jawa Tengah, Muhammad Diah, mengungkapkan, kesemua warga negara Timor Leste yang dideportasi merupakan pelajar yang ditugaskan untuk magang di Indonesia.

Namun, mereka diketahui tersandung masalah administrasi atau tidak mempunyai ijin sebagaimana mestinya.

sam_1564“Ini diproses oleh jajaran saya Jawa Tengah. Terbanyak dari Timor Leste. Mereka pelajar yang ditugaskan untuk magang di Indonesia, tetapi selama magang tidak mempunyai ijin sebagaimana mestinya,” papar M.Diah di Semarang, Senin (17/10).

Ia menjelaskan, 100 warga asing yang telah dideportasi ini tersebar di enam Kantor Imigrasi Jawa Tengah. Meliputi Kota Semarang 4, Surakarta 12, Cilacap 10, Pati 54, Pemalang 11 dan 9 orang di Wonosobo.

Menyikapi hal ini, M. Diah menegaskan, keberadaan orang asing perlu dilakukan pengawasan. Sebab, berpotensi terjadi penyimpangan hukum baik penyalahgunaan ijin tinggal maupun tanpa membawa dokumen perjalanan.

“Selain itu juga dimungkinkan melampaui batas ijin tinggal. Namun, yang paling besar penyalahgunaan ijin tinggal di Indonesia dengan melakukan kegiatan yang tidak sesuai,” terangnya. (Bjt02)