Home Lintas Jateng 10 Pendaki Ini Nekat Bertahan di Puncak Lawu 

10 Pendaki Ini Nekat Bertahan di Puncak Lawu 

395

Jhon
‪KARANGANYAR, 21/10 (BeritaJateng.net) – Penyisiran yang dilakukan tim SAR dan relawan untuk mencari keberadaan pendaki yang masih ada di puncak resmi di hentikan hari ini Rabu (21/10) di pos pendakian candi Cetho Karanganyar Jawa Tengah. 

Tim SAR dan relawan berhasil membawa turun tujuh pendaki yang sedang menjalankan ritual Suro di puncak Lawu. Sisanya 10 pendaki yang juga sedang ritual ini memilih bertahan di puncak dan menolak untuk di evakuasi ke bawah. Mereka berasal dari  Tulung Agung, Matesih,  Grobogan dan Blora memilih tetap bertahan di puncak Gunung Lawu.

Menurut Jhon Tik, salah satu relawan AGL yang nyentrik ini menjelaskan 10 pendaki tersebut enggan turun ke bawah karena ritual mereka belum selesai, selain itu mereka juga ingin berpartisipasi untuk membantu memadamkan api. 

“Mereka menolak meski telah kita paksa untuk turun. Namun saat ini mereka berada di posisi yang aman. Dan biasanya mereka baru turun jika bulan Suro sudah berakhir,” jelasnya di posko Candi Cetho, Rabu (21/15).

Jhon Tik juga menceritakan proses evakuasi saat api mulai terlihatdi jalur pendakian Cemoro Sewu. Relawan Anak Gunung Lawu (AGL) langsung naik ke atas dan meminta agar pendaki segera turun. Beberapa pendaki menolak keras sampai pada akhirnya mereka mau untuk turun ke bawah. 

“Bayangkan saja jika mereka nekat bertahan. Korban pasti bertambah, karena saat itu ada sekitar 50 orang yang berada di Argo Dalem,” lanjutnya. 

Saat itu, terang Jhon api belum terlihat di pos 2 dan pos 3 jalur pendakian Cemoro Sewu. Diperkirakan api mulai membakar jalur pendakian pos 2 dan pos 3 sekitar pukul 9 pagi hingga akhirnya menewaskan tujuh orang pendaki dan dua dalam kondisi luka bakar serius. (BJ24)