Home Headline 1.505 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Aceh

1.505 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Aceh

Aceh, 17/1 (BeritaJateng.net) – Akibat hujan deras dan meluapnya Sungai Pase dan Keureten, sedikitnya 1.505 jiwa di Kecamatan Matang Kuli mengungsi akibat banjir. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa.

“BPBD setempat masih melakukan pendataan, evakuasi korban ke lokasi yang lebih aman. Kondisi Mutakhir tinggi banjir saat ini sekitar 70 cm,” ujar Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sementara itu gempa 5.4 SR, pada 17-1-2016 pukil 06:22:31 WIB dengan episentrum 66 km Tenggara Buru Selatan Provinsi Maluku pada kedalaman 10 km dilaporkan gempa terasa kuat sekitar 2 detik di Kab. Buru Selatan hingga Kab Buru.  

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan dalam skala intensitas IV-V MMI di Pulau Ambalau, III MMI di Namlea-Buru Selatan, dan II MMI di Ambon,” ujar Sutopo.

Dampak gempa terjadi di Desa Masawoy dan Desa Ulima di Kecamatan Ambalau Kab Buru Selatan. Data sementara di Desa Masawoy terjadi kerusakan sebanyak 50 bangunan rumah, dan 2 orang menderita luka-luka. Sedangkan di Desa Ulima dilaporkan sebanyak 70 bangunan rumah mengalami kerusakan dan 6 orang menderita luka-luka.

Kebutuhan mendesak obat-obatan dan makanan siap saji karena masyarakat saat ini sementara mengungsi. Distribusi logistik dan obat-obatan dari BPBD Maluku ke BPBD Buru Selatan terkendala cuaca untuk transportasi ke Namrole dan Wamsawi. 

“Tim BPBD Kabupaten Pulau Buru Selatan masih melakukan pendataan. Kondisi medan berat dan akses sulit dijangkau menyebabkan kendala dalam penanganan,” tambahnya.

Berikut daerah yang terkena Banjir pada Minggu, 17 Januari 2016 :

Kab. Aceh Utara
Kec. Matang Kuli
Kec. Tanah Luas
Kec. Samudera
Kec. Geureudong Pase
Kec. Muara Batu
Kec. Sawang
Kec. Pirak Timu
Kec. Lhoksukon
Kec. Nisam. (BJ)