Home Hukum dan Kriminal 1.281 Eks Anggota Gafatar Diperkirakan Tiba di Semarang Malam Ini

1.281 Eks Anggota Gafatar Diperkirakan Tiba di Semarang Malam Ini

Semarang, 27/1 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 1.281 eks ormas Gafatar dari Kalimantan, diperkirakan kembali tiba di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, pada hari ini, Rabu (27/1), sekira pukul 18.00 WIB.

Hal itu ditegakan oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Laut (P) Elka Setyawan kepada sejumlah awak media yang meliput di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Dari jumlah tersebut, tidak hanya berasal dari Jawa Tengah melainkan dari berbagai daerah seperti DIY, Medan dan Sulawesi.

“Ada yang dari Jawa Tengah, ada juga yang dari DIY, Medan, bahkan Sulawesi,” ujar Danlanal.

Terkait dengan sistem pengaman yang dilakukan terhadap eks Gafatar kali ini, menurut Danlanal tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja, pihaknya beserta unsur pengamanan yang lain, tidak secara detail melakukan pemeriksaan dalam hal kesehatan.

“Pengamanan ini tidak jauh beda dengan yang sebelumnya. Kita siapkan unsur dari TNI dan Polri, Dishub, Security Pelabuhan, Dinkes serta dari unsur pengamanan lainnya. Begitu ditanya sehat langsung lanjut, lebih singkat dan tidak seperti kemarin yang diperiksa secara mendetail,” jelasnya.

Lebih lanjut, Danlanal menegaskan meski kondisi lapangan diguyur hujan dan jumlah eks gafatar yang datang kali ini jauh lebih banyak, pihaknya tetap melakukan pengamanan ini hingga selesai.

“Kita akan lakukan pengamanan ini hingga selesai, meski sampai tengah malam. Selanjutnya para pengungsi akan dibawa ke Donohudan, Boyolali,” pungkas Elka. (Bjt02)