Home Hiburan ‎Komunitas Red Batik Solo Tampil Dalam Acara KAA di Bandung

‎Komunitas Red Batik Solo Tampil Dalam Acara KAA di Bandung

RED Batik

SOLO, 20/4 (BeritaJateng.net) – Kota Solo akan ikut berpartisipasi dalam acara Konfrensi Asia Afrika (KAA) yang digelar di Bandung, Jawa Barat dengan mengirimkan Komunitas Rekso Estuning Dumadi Batik (RED Batik) untuk memeriahkan acara tersebut.

Indonesia terkenal dengan budaya pewayangannya. Nantinya sekitar 17 tokoh pewayangan akan ditampilkan dalam acara Konferensi Asia Afrika lengkap dengan kostumpewayangan yang sudah didesain dengan indahnya untuk menampilkan ciri khas budaya Indonesia. 

Pimpinan komunitas RED Batik Solo, Heru Mataya menjelaskan bahwan kostum inilah (yang dipamerkan dalam CFD Solo) yang akan di bawa Bandung. Alasan mengambil tema wayang karena wayang merupakan salah satu warisan nenek moyang yang harus harus ditunjukan ke dunia Internasional.

“Kami mewakili kota  Solo dalam ajang nasional maupun internasional, dalam memperkenalkan budaya tradisional,” ujarnya. 

Selain itu Heru mengungkapkan dalam ajang KAA di Bandung, 17 tokoh pewayangan akan menampilkan atraksinya di depan tamu-tamu yang hadir di Jonferensi KAA,  termasuk didepan Presiden Joko Widodo.

“Perwakilan komunitas RED Batik Solo akan tampil dalam kostum karnaval yang akan dipertunjukkan didepan para tamu-tamu negara peserta KAA dengan kreasi kostum wayang,” jelasnya.

Pembuatan kostum wayang yang akan tampil tersebut dihasilkan dari  bahan-bahan alam, seperti rotan, bambu, dan anyaman pandan.
Dengan di kreasikan dengan bahan lain jadilah desain yang unik dan sangat menarik. 

“Bahan kostum sangat gampang  ditemukan di pasar-pasar tradisional. Ini juga secara tidak langsung  penggunaan bahan alam menjadi promosi tidak langsung untuk meramaikan pasar tradisional,” pungkasnya. (BJ24)

Advertisements